√ Penyebab Gusi Bengkak pada Ibu Hamil dan Cara Pencegahannya - Sasnesia

Penyebab Gusi Bengkak pada Ibu Hamil dan Cara Pencegahannya

Gusi Bengkak pada Ibu Hamil dan Cara Pencegahannya

Ibu hamil biasanya akan sebisa mungkin menjaga kesehatannya sehingga janin yang berada dalam kandungan juga berada dalam kondisi yang sehat. Sayangnya, ibu hamil biasanya cenderung lebih mudah merasa lelah dan juga cukup rentan untuk mendapatkan beberapa penyakit yang biasanya disebabkan karena adanya perubahan hormon secara drastis saat kehamilan. Salah satu bagian tubuh yang bisa saja memberikan masalah bagi ibu hamil adalah bagian gusi. Masalah gusi bengkak tentu membuat masalah bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan janinnya dalam kandungan, bukan?

Gusi bengkak pada ibu hamil biasanya diiringi dengan pendarahan atau bahkan goyangnya gigi. Uniknya, gusi yang bengkak ini biasanya tidak disertai dengan masalah gigi berlubang sama sekali. Gusi bengkak ini biasanya juga ditandai dengan pendarahan saat ibu hamil menyikat gigi. Gusi yang bengkak disertai dengan warna kemerahan dan biasanya cenderung turun. Disamping rasa sakit, gusi bengkak juga bisa menyebabkan bau yang tidak sedap dan menyengat.

Pembengkakan gusi (gingivitis) biasanya muncul dan akan semakin parah ketika kehamilan memasuki trimester kedua dan akan terus berlanjut hingga trimester ketiga. Namun, kondisi ini akan hilang setelah Anda melahirkan. Gingivitis kehamilan memiliki gejala yang bervariasi dan cukup mudah untuk dikenali, antara lain:
  • Gusi mudah berdarah terutama ketika menyikat gigi.
  • Gusi membengkak dengan warna merah terang.
  • Gigi menjadi lebih sensitif.
  • Rasa sakit ketika mengunyah.
  • Gigi menjadi longgar yang menyebabkan mudah tanggal.
  • Napas berbau tidak sedap.

Jika gingivitis kehamilan tidak segera diobati bisa menyebabkan peradangan gusi serius yang disebut periodontitis. Periodontitis merupakan peradangan gusi lanjutan yang dapat menjalar hingga ke tulang di sekitar gigi dan gusi. 

Perubahan hormon, khususnya karena meningkatnya hormon prostaglandin saat kondisi hamil biasanya menjadi penyebab masalah gusi membengkak ini. Yang menjadi masalah adalah, semakin meningkatnya hormon ini bisa memicu infeksi pada rongga mulut sehingga bakteri pun bisa memasuki gusi yang bengkak dan berdarah tersebut hingga mencapai peredaran darah. Beberapa studi bahkan menunjukkan bahwa jika ibu hamil mengalami masalah pada gigi atau gusi, maka Ia akan memiliki resiko mengalami komplikasi saat kehamilan atau kelahiran yang jauh lebih besar. Sebagai contoh, kelahiran prematur atau bayi yang terlalu ringan saat lahir bisa disebabkan oleh gangguan gusi bengkak ini.

Cara Mencegah Gusi Bengkak Saat Hamil
Menjaga kesehatan mulut selama kehamilan memang sangat penting, hal ini perlu dilakukan untuk menghindari berbagai keluhan mulut yang mungkin terjadi. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pembengkakan gusi saat hamil:
  • Rajinlah menyikat gigi minimal dua kali sehari terutama setelah makan. Gunakan sikat gigi berbulu halus dan pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Gunakan benang gigi atau dental floss minimal satu kali sehari.
  • Kurangi atau hindari mengonsumsi makanan dan minuman manis selama masa kehamilan.
  • Cukupi asupan nutrisi Anda dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur.
  • Hindari berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol.
  • Berhentilah merokok, karena dapat memperparah pembengkakan gusi.
  • Kumur-kumur menggunakan air garam membantu mempercepat penyembuhan gusi yang bengkak saat hamil.
  • Kunjungi dokter gigi Anda secara rutin, minimal setahun dua kali, untuk pemeriksaan dan pembersihan plak (karang gigi).
  • Rutinlah berkumur dengan campuran baking soda dan air setelah Anda muntah. Ini dilakukan untuk menghilangkan bakteri dan asam yang keluar bersama muntah.
  • Ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsi alkohol selama hamil.

Jika berbagai tips di atas tidak mampu mencegah pembengkakan gusi selama kehamilan, Anda dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter gigi. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan lebih lanjut untuk menangani gusi bengkak saat hamil. Selain berkonsultasi ke dokter gigi, jangan lupa juga untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan sesuai jadwal, untuk menjalani pemeriksaan kehamilan rutin.
(Diolah dari berbagai sumber)
© Sasnesia. All rights reserved. Blog by Sasnesia